Friday, July 5, 2013

Apa Arti Sabukmu? - Sedikit Sharing Pengetahuan

Posted by TAEKWONDO USD  |  No comments

UKT tinggal dua hari lagi, semoga semua pada ganti sabuk ya. Amin amin!
Sekarang, apa warna sabukmu? Yuk, kita cari tahu arti dari masing-masing warna sabuk di Taekwondo. :)


Putih

Ini sabuk yang pertama kali kita pakai saat mulai mengikuti beladiri yang satu ini. Seperti yang kita tahu, putih memang melambangkan kesucian. Awalnya, kita masih 'suci', siap diisi dengan ajaran dari para pelatih. Warna putih juga melambangkan dasar dan permulaan.

Kuning

Setelah putih, kita mengenakan sabuk kuning (sama seperti yang sedang dipakai oleh admin, hehe). Kuning melambangkan bumi atau tanah. Seperti tanah yang siap ditanami apapun, pada tingkat ini, berbagai ilmu taekwondo pun siap ditanamkan atau diajarkan.

Hijau

Hijau itu seperti tanaman dan dedaunan. Sabuk hijau dalam taekwondo melambangkan kemampuan yang sudah mulai tumbuh dan berkembang.

Biru

Warna biru ini melambangkan langit. Langit merupakan arah tumbuhnya tanaman. Pada tahap ini para Taekwondoin dibentuk untuk menjadi lebih mapan dan tangguh. Ilmu yang sudah diberikan juga harus benar-benar kita mengerti dan kuasai.

Merah

Warna ini melambangkan matahari. Ketika sudah mencapai tingkatan ini, ilmu yang dikuasai bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga harus menjadi pedoman bagi orang lain. Tanggung jawab pun akan semakin besar. Kita harus pandai menjaga sikap dan tindakan. Selain melambangkan matahari, ada juga sumber yang menyebutkan warna merah melambangkan api (bahaya). Jadi, Taekwondoin yang sudah menyandang sabuk merah diharapkan dapat meningkatkan kontrol diri agar mampu menghadapi lawan.

Hitam

Ini adalah warna sabuk terakhir dalam beladiri Taekwondo (nanti akan ada tingkatan-tingkatan lagi dalam sabuk hitam, mulai dari Dan 1 sampai Dan 9). Hitam ini melambangkan kedewasaan dan keahlian dari seorang Taekwondoin. Dapat juga berarti keberanian yang matang. Selain itu, sabuk hitam juga melambangkan penguasaan diri dari rasa takut akan kegelapan.


Nah, sudah tahu kan apa arti dari warna sabuk yang sedang kamu pakai sekarang? Sekian dulu sedikit sharing tentang arti warna sabuk dalam Taekwondo. Silahkan dikomen atau dishare :D Selamat berlatih teman-teman, selamat mengikuti UKT!

9:59 AM Share:
About Naveed Iqbal

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Follow him on Google+.

0 komentar:

Text Widget

About Us

kami adalah UKM Taekwondo Sanata Dharma yang terbuka untuk umum.. motto kamki adalah KEEP YOUR FIGHTING SPIRIT... kalau ada yang kenal sama group ini atau ingin tau lebih jauh tentang UKM kami...boleh langsung di add ajah atau datang latihan di Kampus 3 Paingan Sanata Dharma di Hall bagian selatan... We're WELCOME for EVERYONE.... =)
© 2014 TaekWonDo USD Taekwondo USD.
Proudly Powered by Blogger Blogger.
back to top